Puji Messi, Valverde: Untungnya Dia Sekarang Pemain Saya

Puji Messi, Valverde: Untungnya Dia Sekarang Pemain Saya

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde memuji Lionel Messi, yang tampil gemilang saat Barca mengalahkan Juventus. Valverde bersyukur kini Messi menjadi pemainnya.

Messi menjadi motor utama kemenangan 3-0 yang diraih Barca atas Juve di Camp Nou, Rabu (13/9/2017) dinihari WIB. Penyerang asal Argentina itu mencetak dua gol untuk Blaugrana dan berperan besar atas terciptanya satu gol lain yang dibuat Ivan Rakitic.

Gol pertama yang dicetak Messi pada menit ke-45 menjadi pemecah kebuntuan setelah sebelumnya Barca kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Juve. Meski dikepung beberapa pemain lawan, Messi masih bisa bermain umpan satu-dua dengan Luis Suarez sebelum menaklukkan Gianluigi Buffon lewat tembakan ke tiang jauh.

Messi kemudian menjadi otak atas terciptanya gol Rakitic pada menit ke-56. Menusuk lewat sisi kiri pertahanan Juve, dia melepaskan umpan silang yang memaksa Stefano Sturaro melakukan kesalahan di kotak penalti. Sapuan Sturaro tak sempurna sehingga memungkinkan Rakitic menyambar bola liar untuk membawa Barca memimpin 2-0.

Pada gol ketiga yang lahir pada menit ke-69, Messi kembali memamerkan kelasnya. Dia dengan mudah melewati adangan Alex Sandro dan Medhi Benatia dalam sebuah serangan balik dan lagi-lagi berhasil memaksa Buffon memungut bola dari dalam gawang.

Penampilan apik Messi ini melanjutkan penampilan apik pada laga sebelumnya, ketika dia mengukir hat-trick ke gawang Espanyol dan membantu Barca menang 5-0 pada akhir pekan lalu.

"Dengan Lionel Messi, ketika dia menguasai bola, Anda selalu yakin bahwa apapun bisa terjadi -- hal-hal bagus buat kami," ujar Valverde seusai laga.

"Ini bukan hanya soal gol-golnya, tapi juga keterlibatannya dalam semua hal," tuturnya.

Sebelum melatih Barca, Valverde pernah bekerja di tim-tim Spanyol lain seperti Espanyol, Villarreal, Valencia, dan Athletic Bilbao. Dia tahu betul bagaimana pusingnya menghadapi pemain sekelas Messi. Tapi, dia sekarang tak perlu merasa demikian lagi.

"Saya sudah sering menderita ketika berhadapan dengan Messi. Sekarang saya cukup beruntung karena memilikinya di tim saya," ucapnya seperti dikutip Sport.

"Anda bisa memainkan Messi di posisi apapun dan dia bisa mencetak banyak gol. Kualitasnya selalu sama di mana pun dia main. Entah dia main di sayap atau di tengah, dia selalu terhubung dengan permainan," kata Valverde.

Messi sudah mencetak delapan gol dari enam penampilan bersama Barca pada musim ini. Tujuh gol di antaranya lahir dalam tiga laga terakhir.

close